Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar CSS #01 : Pengenalan CSS Dasar Untuk Pemula

Halo republik, kamu ingin belajar bahasa pemrogramman CSS ? Tapi belum tau apa itu CSS dan fungsinya ? Sejarah, kepanjangan CSS ? Tenang saja republik code akan memberikan pencerahan ke kamu.

Sebelum itu republik tau ngga kalau CSS adalah bahasa pemrogramman ? kalau ngga tau, jawabannya. Iya CSS adalah bahasa pemrogramman tidak dengan HTML.

CSS adalah bahasa pemrogramman yang diatur untuk mempercantik tampilan website. Oh ya, terus bedanya dengan HTML apa ? Jadi HTML adalah kerangka websitenya dan CSS adalah bajunya. Mungkin secara analogi seperti itu.

Apa Itu CSS

Kepanjangan CSS adalah Cascading Style Sheet. CSS biasanya digunakan mengatur tampilan elemen yang tertulis di HTML.

CSS dibuat dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) sekitar tahun 1996. Dulu HTML tidak dilengkapi dengan tags yang berfungsi untuk memformat halaman. Kamu hanya perlu menulis markup untuk situs.

CSS dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website atau yang biasa di sebut dengan Front End. CSS jika di ibaratkan adalah ahlinya membuat tampilan dan "Suasana" dari page website.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan CSS jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman seperti HTML dan PHP.

Saat kamu menggunakan CSS, kamu bisa mengatur warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background yang dipakai.

Tidak cuma itu CSS juga bisa untuk mendesain layout, membuat tampilan di berbagai perangkat yang berbeda disebut dengan responsif, dan berbagai efek yang dipakai di dalam website.

CSS sangat mudah dipelajari, namun juga powerful karena bisa mengontrol penyajian tampilan dokumen HTML.

Fungsi CSS

Kamu pernah mencoba mengembangkan website menggunakan HTML atau PHP? Jika sudah, Anda pasti merasakan sedikit kesulitan untuk mendesain tampilannya. Apalagi jika membuat tampilan yang cukup kompleks di proyek yang besar.

Mungkin udah dulu, lanjut di part kedua...... Ngantuk