Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Kotlin #01 : Pengenalan Kotlin Untuk Pemula

Hai kembali setelah lama tidak uploud, kita sekarang akan belajar kotlin. Buat android developer pasti tidak asing dengan kotlin. Kenapa kotlin berhubungan dengan android ?

Kita akan berkenalan dengan kotlin sekarang. Tidak banyak mungkin hanya seputar siapa pendirinya dan kapan di ciptakannya kotlin.

Kotlin merupakan hal yang sangat enak untuk di pelajari. Karena bahasanya yang simple dan juga ringkas, nanti kita akan membahas apa aja keunggulan dari bahasa kotlin.

Apa yang membuat kotlin begitu ringkas ? Itu juga sebuah pertanyaan yang sering di perbincangkan oleh pikiran admin.

Mungkin tidak perlu berlama lama lagi, kita langsung aja belajar kotlin di mulai dari pengenalan kotlin.

Siapa Pendiri Kotlin

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrogramman mobile khususnya pada android, dia sudah di sahkan oleh google untuk menjadi bahasa utama untuk android studio.

Perlu di ketahui bahwa kotlin berjalan menggunakan JVM atau yang biasa di sebut dengan Java Virtual Machine. Dengan di persenjatai oleh kompiler yang bernama LLVM.

Itu juga yang menyebabkan kotlin bisa di kompilasi kedalam kode javascript.

Developer yang membuat bahasa kotlin adalah programmer asal JetBrains yang berdiri di negara rusia. Nama kotlin pun juga di adopsi dari sebuah pulau disana.

Kotlin pada rilisan pertama versi 1.0 pada 15 February 2016.

Fungsi Kotlin

Seperti yang sudah di beri tahu di atas bahwa kotlin bisa berfungsi untuk mendevelop sebuah aplikasi android. Namun tidak hanya itu, kotlin juga bisa di gunakan sebagai sebuah bahasa back-end kalau kamu mau.

Yang artinya kamu bisa menggunakannya untuk website. Namun tidak semudah yang di bayangkan, karena kotlin membutuhkan beberapa framework untuk bisa di gunakan sebagai back-end.

Cara Kerja Kotlin

Kotlin berkerja sama seperti bahasa pada umumnya, namun yang perlu juga di catat bahwa kotlin bisa berjalan menggunakan java. Jadi gini, kode java bisa di ubah menjadi kotlin dan juga sebaliknya.

Kita akan coba menjalankan kotlin, disini menggunakan aplikasi terbitan dari JetBrains. Bukalah kemudian buat project baru.

Akan muncul page seperti gambar di bawah ini, kemudian kamu tinggal pilih yang java lalu centang yang kotlin. JDK juga di pilih, disini admin menggunakan JDK versi 16.

Selanjutnya kamu hanya tinggal mengisi nama kemudian membuat lokasi untuk project yang kamu buat. Terserah mau di buat nama seunik mungkin bebas. Kemudian klik finish.

Setelah muncul halaman seperti di bawah ini kamu hanya tinggal membuat file kotlin di dalam folder src.

Masukan kode dibawah ini untuk menjalankan kode pertama kotlin kalian.

fun main(){
 print("Hello Republik Code")
}

Lalu kamu coba untuk running kode tersebut dan lihat hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Oke mungkin seperti itu lah cara kerja dari kotlin yang perlu di ketahui untuk sekarang.

Terima Kasih sudah mengikuti sampai akhir semoga bermanfaat sampai jumpa di belajar kotlin selanjutnya.